Meningkatnya angka kejadian kecelakaan lalu lintas dengan nilai rata-rata 3 orang meninggal  dalam 1 jam di Indonesia, menjadi satu permasalahan kemanusiaan yang serius dalam penanganannya. Peningkatan angka tersebut salah satu dipengaruhi oleh cepat dan tepatnya korban mendapat pertolongan pertama di TKP dan pelayanan kesehatan setelah korban sampai ke Rumah sakit, sehingga dapat menekan fatalitas dan mortalitas dari korban tersebut.

Dalam hal kaitannya dengan korban kecelakaan lalu lintas, dibutuhkan suatu penanganan yang serius dan kolaboratif antara pihak Kepolisian, PT. Jasa Raharja dan pihak Rumah Sakit. Dimana korban kecelakaan lalu lintas ini membutuhkan kepastian pihak penanggung dana jaminan kecelakaan lalulintas ke pihak Rumah Sakit dari PT.Jasa Raharja yang telah diatur oleh UU RI serta bukti kecelakaan lalu lintas yang dikeluarkan Polisi Lalu lintas.

Melihat serius dan pentingnya permasalahan ini Kombespol dr.M. Mas’udi, Sp.S selaku Karumkit Bhayangkara Makassar, atas Ijin dan perintah  Bpk Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dan Bimbingan serta arahan Bpk  Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan, untuk membangun , suatu aplikasi layanan terintegrasi korban kecelakaan lalu lintas di Rumah Sakit Bhayangkara Makassar secara online, sehingga mempermudah masyarakat sebagai korban kecelakaan lalu lintas.

Aplikasi layanan integrasi di Rumah Sakit Bhayangkara ini, merupakan inovasi yang sangat bagus dalam rangka pengembangan layanan, meningkatkan kinerja, dan kepercayaan bagi Rumah Sakit Bhayangkara Makassar. Layanan ini berupa layanan online terintegrasi untuk membantu korban kecelakaan lalu lintas dengan menggunakan aplikasi ”SIKOLATA”, dan sejalan dengan Program Kapolri yang menjadikan Polri yang PRESISI dalam pelayanan di masyarakat.

Layanan online ini terintegrasi antara PT. Jasa Raharja, Rumah Sakit Bhayangkara dan Direktorat lalu lintas, sehingga apabila ada laporan korban kecelakaan lalu lintas melalui aplikasi ”SIKOLATA” ini, maka dashboard dikomputer ketiga pihak terkait  akan ditampilkan sinyal yang menandakan adanya peristiwa korban kecelakaan lalu lintas, yang selanjutnya akan ditidak lanjuti untuk penanganannya oleh masing-masing pihak secara cepat.

 Aplikasi “SIKOLATA” dapat diunduh dan dimanfaatkan oleh masyarakat melalui mobilphone baik yang berbasis Android maupun iosMobil. Aplikasi ini sangat mudah simple dan praktis sehingga dapat digunakan oleh semua orang guna mendapatkan penanganan bagi korban kecelakaan lalu lintas.

Setelah mengunduh aplikasi ini, nantinya masyarakat di minta untuk melakukan registrasi/daftar dengan mengisi kolom pendaftaran. Setelah itu, pengguna akan disajikan 3 fitur layanan dalam aplikasi ini yang terdiri dari

Fitur Lapor Kecelakaan

yaitu fitur real time, dimana masyarakat baik korban sendiri ataupun masyarakat disekitar korban dapat melaporkan adanya kejadian kecelakaan, dengan cara pengguna diminta untuk meng input data berikut; Jenis Identitas, No. Identitas, Nama, Jenis Kendaraan, Kondisi Korban, Foto kejadian. Setelah mengisi dengan benar kolom tersebut pengguna diarahkan untuk mengklik tombol Kirim Laporan!, sehingga laporan tersebut ditindaklanjuti operator layanan.

Fitur Status Layanan

Adalah fitur mengenai apakah kecelakaan lalu lintas merupakan kecelakaan tunggal atau kecelakaan lalu lintas ganda. Pada fitur ini pengguna dapat mengetahui sejauh mana laporan yang disampaikan ditindaklanjuti oleh operator dengan tanga centang dua. Pengguna dapat melihat apakah Laporan sudah terkirim, Laporan sudah diterima, Layanan ambulance sudah menuju TKP yang dapat dilihat secara real time menggunakan google map yang telah tersedia dalam aplikasi ini, Pasien dibawa ke Rumah Sakit, dan Pasien telah ditangani.

Fitur Pengaturan

Merupakan fitur tambahan yang dapat dipergunakan untuk mengubah data yang telah diinput / profil pada aplikasi ini menjadi data baru yang dibutuhkan serta logout/keluar dari aplikasi ini bila telah selesai menggunakannya.

Dengan inovasi layanan online di Rumah Sakit Bhayangkara Makassar ini, bisa sebagai pengungkit, serta pendorong untuk meningkatkan nilai kepercayaan masyarakat pada Rumah Sakit Bhayangkara Makassar ataupun meningkatkan kinerja layanan Kesehatan dan pihak-pihak yang terkait.

Diharapkan dengan kemudahaan mengakses aplikasi “SIKOLATA” membuat masyarakat dapat dengan mudah,efekstif dan efisien mendapatkan informasi surat penangungan dana korban lalu lintas yang dikeluarkan oleh pihak PT. Jasa Raharja, yang dibuktikan dengan adanya bukti kejadian kecelakaan dari pihak Direktorat Lalu Lintas dan korban kecelakaan lalu lintas segera mendapatkan penanganan dan perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara Makassar.

***

Dapat di download di Play Store
Tampilan awal aplikasi SIKOLATA

Tonton kami di Youtube yah dan jangan lupa Like dan Subscribe..

CategoryInovasi
Write a comment:

*

Your email address will not be published.